hover animation preload

Optimalkan Pencarian Google
by D.E.F in

Google. Sebuah kata yang tidak asing lagi bagi para penjelajah dunia maya. Situs raksasa yang satu ini tampaknya telah menguasai dunia maya dengan berbagai fitur yang terus up-to-date. Sekedar informasi, Google pada awalnya diciptakan pada Januari 1996 oleh Larry Page dan Sergey Brin, dua mahasiswa Ph. D. di Universitas Stanford, California yang tentunya mereka kini telah menjadi orang yang sukses karena kreatifitasnya.

Nah, karena tampilan situs yang sederhana dan mudah dipahami, Google menjadi stasiun awal para penjelajah web untuk mulai browsing di internet. Masalahnya sekarang, apakah kita telah benar-benar memaksimalkan semua fitur pencarian canggih yang disediakan Google? Saya rasa jawabannya adalah belum, banyak teman saya yang masih belum optimal dalam melakukan pencarian di Google sehingga mereka tidak bisa menemukan apa yang mereka cari. So, dalam artikel ini akan saya jelaskan beberapa tips dan trik yang akan memudahkan kita mencari informasi melalui Google. Here we go!

I’m Feeling Lucky/Saya lagi Beruntung
Fitur ini merupakan fitur andalan Google. Jika kita meng-klik tombol ini pada saat melakukan search, maka kita akan langsung ditujukan ke sebuah website yang dianggap paling relevan. Misalnya, kita mengetik Universitas Airlangga lalu meng-klik I’m Feeling Lucky, maka kita akan langsung diforward ke homepage Unair.
Kata-kata kuci pembantu
Filetype : mencari dengan tipe-tipe file yang diinginkan. Misalnya, kita mengetik Pancasila filetype:pdf, maka hasil dari pencarian yang kita lakukan hanya akan menampilkan file-file pdf yang memiliki judul Pancasila atau ada kata pancasila di dalam pdf tersebut.
Intitle : mencari halaman web dengan judul yang diinginkan. Intinya sama, jika kita menulis intitle: devezzfil, maka hasil pencarian akan menampilkan semua situs yang memiliki judul devezzfil.
Link : untuk mengetahui halaman yang berhubungan dengan halaman yang diketik. Misalnya kita mengetik link:indowebster.com, maka hasilnya akan menampilkan semua situs yang mempunyai link dengan situs indowebster.com.
Define : mencari web yang menjelaskan arti dari suatu kata, jadi ini seperti kita mencari sebuah arti di kamus. Misalnya kita mengetik define:phobia, maka hasilnya akan berupa semua situs yang menjelaskan tentang pengertian phobia.
Info : digunakan untuk mencari informasi tentang orang atau benda yang ingin diketahui. Misalnya kita mengetik info:harry potter, maka hasil pencarian akan menampilkan beberapa situs yang memuat info mengenai Harry Potter.
Site : digunakan untuk mencari sebuah informasi di sebuah situs tertentu. Misalnya kita mengetik ebook site:indowebster.com, maka hasilnya hanya akan menampilkan kata ebook dari situs indowebster.com.
Advance Search/Penulusuran Lanjutan
Jika kita menginginkan hasil yang benar-benar spesifik, maka tidak ada salahnya mencoba fitur ini. Jika kita meng-klik Advance Search maka akan ada beberapa pilihan yang rinci tentang pencarian yang ingin dilakukan dan hasil dari pencarian ini akan sangat efektif jika kita benar-benar paham apa yangakan kita cari di Google.
Pencarian menggunakan logika komputer
“___” : jika kita mencari sebuah kata dengan tanda kutip, maka hasil yang ditampilkan hanya akan menampilkan sebuah frasa dengan tepat. Misalnya, kita mengetik “Devic Ezzalion Filbert”, maka hasilnya hanya akan menampilkan situs yang memuat kata “Devic Ezzalion Filbert”. Pencarian dengan tanda kutip ini sangat berguna jika kita hendak mencari nama orang.
Tanda ‘+’ atau kata ‘and’ : Mencari informasi yang mengandung dua kata atau lebih yang kita tentukan.Misalnya, wallpaper + free + download, hasilnya adalah situs yang setiap halamannya mempunyai ketiga kata tersebut.
Tanda ‘-’ atau kata ‘not’ : untuk menghilangkan hasil pencarian yang tidak diinginkan. Misalnya kita mengetik kata kunci, Honda + motor – vario, maka hasilnya adalah situs yang setiap halamannya mempunyai kata ‘honda’ dan ‘motor’ tetapi tidak mengandung kata ‘vario’
Kata ‘or’ : mencari dua kata atau lebih sebagai alternatif. Misalnya, Indonesia + hacking or carding akan menampilkan kegiatan hacking atau carding di Indonesia.
Yap. Beberapa trik diatas akan sangat membantu kita jika ingin menemukan apa yang kita cari dengan cepat dan tepat. Apalagi jika kita mencoba mengombinasikan cara diatas menjadi sebuah kata kunci dalam pencarian, maka 90% hasil pencarian kita akan memuaskan. Sebagai informasi, dalam pencarian di Google huruf kapital atau huruf kecil tidak akan mempengaruhi hasil pencarian, jadi jika kita mencoba search “Akuarium” maka hasilnya pasti akan sama jika kita search dengan menggunakan kata “akuarium”.
Ok. Happy Googling!

0 komentar:

Posting Komentar